Warga Miskin Cianjur Sulit Memperoleh Akses Kesehatan, 3 Balita Penderita Polio Meninggal Dunia

CIANJUR – Hidup penuh keterbatasan, memang tidak ada enaknya. Buktinya, tiga dari delapan balita penderita lumpuh layu yang meninggal di rumah masing-masing, akibat keterbatasan biaya berobat. Hingga Rabu (2/4), belum mendapat penanganan khusus dari dinas terkait.

Ironisnya lagi, Wakil Kepala Dinkes Cianjur, dr Dedih Rudiana kepada wartawan mengaku, belum mengetahui kejadian meninggalnya tiga dari delapan balita penderita lumpuh layu, Selasa (1/4) itu.

“Kalau memang benar, saya akan turunkan tim dari puskesmas ke Hegarwangi. Bagi lima penderita lumpuh layu yang masih hidup, akan disiapkan alat bantu dan pelayanan,” ujar Dedih.

WARGA MISKIN
Ketiga balita korban lumpuh layu adalah warga Kampung Hegarwangi, Desa Cibuluh, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur Selatan. Daerah ini, merupakan wilayah terbanyak dalam jumlah warga miskin di Kabupaten Cianjur.

“Selain jauh dari kota, warga di sini juga tidak ada yang berpendidikan lebih. Makanya mereka nggak tahu cara mendapat pengobatan Askeskin yang digulirkan pemerintah,” kata Pepen, pengurus RT.

“Ya, karena nggak ada uang, makanya hanya menunggu keajaiban untuk sembuh, jika ada anggota keluarga yang sakit,” sambungnya.

Tiga korban meninggal yang masih memiliki pertalian saudara ini, umurnya berkisar antara 2-4 tahun. Di tempat lain, 5 penderita lumpuh layu yang masih hidup, kondisinya sangat memprihatinkan.

Tokoh pemuda Cidaun, Yana Mulyana mengaku, ketiga korban meninggal, sudah tidak bisa berjalan. Bagi orangtua korban, selain tidak punya biaya, jarak tempuh sejauh 10 km dengan jalan setapak, membuat mereka sulit mencari pertolongan.

Iklan

2 responses to “Warga Miskin Cianjur Sulit Memperoleh Akses Kesehatan, 3 Balita Penderita Polio Meninggal Dunia

  1. Itulah Cianjur yang konon katanya subur dan makmur.. Bagaikan Langit dan Bumi.. “hanya terkenal lagunya ” semalam di cianjur”

  2. sama beras cianjur jeng …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s