Orang Miskin Banyak Butuh Bantuan Hukum

Hingga kini sebagian besar masyarakat miskin yang mencari keadilan dan memperjuangkan hak-haknya yang dilanggar tidak mendapat bantuan hukum. Padahal, mendapatkan bantuan hukum adalah hak asasi manusia yang seharusnya dijamin negara.

Oleh karena itu, pemerintah didesak agar memasukkan Rancangan Undang-Undang Bantuan Hukum dalam Program Legislasi Nasional 2008.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Patra M Zen mengatakan hal itu, Kamis (7/8) di Jakarta. ”Bantuan hukum sebagai hak asasi manusia sebenarnya sudah masuk dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana sejak tahun 1980-an, tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya,” ujarnya.

Ia menegaskan, selama ini tidak ada peran negara yang jelas dalam pemberian bantuan hukum kepada orang-orang miskin pencari keadilan. Di lapangan masih banyak terjadi pengadilan tunggal di mana orang miskin diadili tanpa didampingi penasihat hukum.

”Padahal, kalau sejak masa penahanan saja mereka didampingi pengacara, mungkin saja sanksi hukuman tidak terlalu tinggi,” ujarnya.

Contoh lain, kata Patra, kasus demonstrasi di Universitas Nasional. Ketika itu banyak di antara mereka yang ditangkap tidak ada hubungan dengan demonstrasi mahasiswa. ”Kalau tak ada pengacara yang mendampingi, mereka bisa berhari-hari di tahanan,” ujarnya.

Menurut Patra, ada tiga hal penting dalam RUU tersebut, yaitu paradigma tentang pemberian bantuan hukum, organisasi yang menyediakan bantuan hukum, dan peran negara yang mengatur supaya benar-benar bisa menjamin hak atas bantuan hukum itu. ”RUU Bantuan Hukum sama sekali tidak bertentangan dengan UU Advokat,” katanya

Iklan

3 responses to “Orang Miskin Banyak Butuh Bantuan Hukum

  1. Betul sekali ulasan anda. Setiap orang HARUS memiliki hak untuk mendapatkan Pengacara AS SOON AS POSSIBLE, karena hak mereka harus diperjuangkan! Jangan sampai ada yang berhari-hari berada di penjara, tanpa memiliki hak tersebut.

  2. Betul sekali ulasan anda. Setiap orang HARUS memiliki hak untuk mendapatkan Pengacara AS SOON AS POSSIBLE, karena hak mereka harus diperjuangkan! Jangan sampai ada yang berhari-hari berada di penjara, tanpa memiliki hak tersebut.

  3. ibu saya dipenjara 9 tahun dipenjara tangerang karena hukum tidak adil ditangerang semua terjadi karena kurangnya keadilan dan kurang berjalannya hukum karena kami rakyat kecil hukum bertindak semuanya dan menjatuhkan vonis semaunya kami sangat butuh bantuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s