Akibat Kurang Makan Banyak Warga Bogor Numpang Makan Pada Kondangan Dengan Modal Uang Seribu dan Baju Batik

Jika perut butuh makan, dan terdesak, ada saja orang punya akal untuk mendapatkannya. Ini terjadi di Bogor. Dengan modal hanya seribu rupiah, orang bisa makan sepuasnya. Tentu, modus ini jangan ditiru….

Ini kisah Eddy (bukan nama sebenarnya), dengan setiap kali hanya bermodal uang seribu rupiah dimasukkan ke dalam amplop, plus sedikit pakaian batik yg rapi, ia sudah bisa makan enak.

”Itu saja modalnya. Selanjutnya menuju ke tempat pesta pernikahan yang dilaksanakan di gedung pertemuan yang mewah,” ujar Eddy sambil senyum, menuturkan ”kebiasaan buruknya” jika terdesak butuh makan.

Biasanya, Eddy dengan tenangnya menandatangani buku tamu. Amplop berisi uang Rp 1.000 yang telah disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam kotak yang tersedia. Lalu dengan tenang melangkah ke dalam gedung. Berputar-putar sejenak, kemudian menuju ke meja hidangan tanpa perlu salaman dengan pengantin dan orangtuanya. Setelah kenyang menikmati hidangan yang enak, selanjutnya melenggang keluar gedung. ”Kenyang deh, hanya dengan uang Rp 1.000,” kata Eddy….

Orang yang ”numpang makan” seperti Eddy ini acap kali muncul di tempat pesta pernikahan yang biaya sewa gedungnya puluhan juta rupiah selama tiga-empat jam seperti di Jalan Raya Pajajaran, Bogor.

Mereka tak bisa dicegah. Karena, penjaga tamu tak akan pernah menanyakan surat undangan kepada tamu yang datang. Tidak seperti kalau hadir pada acara seminar, yang harus menunjukkan bukti pembayaran atau bayar di tempat dan kemudian ditukar tas yang berisi makalah.

Warga daerah Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, yang belum lama ini menikahkan anaknya, akhir Oktober lalu, mengungkapkan ia menemukan belasan amplop masing-masing berisi uang Rp 1.000 masuk dalam kotak sumbangan.

”Jangan-jangan, kena deh gua,” katanya dengan nada sedikit kesal atas ulah orang-orang yang numpang makan di kondangan ini. Dan amplop-amplop berisi uang seribuan itu pun diremas lalu diempaskannya ke lantai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s