11.000 Penduduk Di Kediri Hidup Dalam Kemiskinan

Catatan buruk buat Kota Kediri. Sekitar 11.000 warganya masuk kategori miskin dan mengalami rawan pangan. Mereka tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota, dan Kecamatan Pesantren.

Kondisi rawan pangan ini terlihat dari data pembagian beras miskin (raskin) dan data dari dinas ketahanan pangan Kota Kediri. Walikota Kediri, Samsul Ashar, membenarkan keadaan tersebut dan meminta masyarakat lebih kreatif dan tidak mengandalkan kebutuhan pokok dari beras saja, namun juga dari bahan lain seperti ketela dan jagung untuk konsumsi.

“Kami berharap masyarakat lebih kreatif dalam mencukupi kebutuhan, jangan selalu berharap pada beras,” harapnya.

Pihaknya dalam waktu dekat ini merencanakan program penanaman tanaman pangan jenis lain di setiap kelurahan. Dana yang dianggarkan untuk program tersebut sebesar Rp 3 juta untuk setiap kelurahan. “Nanti, setiap kelurahan di Kota Kediri akan kami berikan anggaran untuk menjalankan program ini,” bebernya.

Samsul Ashar berjanji program pengentasan rawan pangan tersebut akan dianggarkan dalam APBD 2010. “Mudah-mudahan program ini bisa mengatasi permasalahan rawan pangan,” katanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s